Manfaat Teh Daun Kelor Untuk Semua Usia

Pernahkah anda mendengar daun kelor? Sudahkah anda mengkonsumsinya? Jika belum, maka anda akan mencobanya setelah membaca artikel ini. Daun yang sudah lama di ketahui manfaatnya ini telah menjadi pusat perhatian dunia kesehatan hingga saat ini. Moringa memiliki kandungan yang menangkal radikal bebas, anti-inflamasi, dan senyawa yang akan memberikan manfaat untuk jantung, kepala, kulit, dan masih banyak lagi.

Pohon kelor, tanaman yang kaya akan nutrisi ini sangat mudah untuk di temukan di kawasan Asia. Mereka juga mempunyai nama “pohon ajaib” karena banyak manfaatnya untuk manusia. Daun kelor telah digunakan dari generasi ke generasi untuk merawat kulit, pencernaan, kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Daun kelor juga memiliki antioksidan yang kuat seperti teh hijau.

Salah satu cara terbaik untuk mengkonsumsi daun kelor adalah dengan mengeringkannya lalu menyeduhnya menjadi teh daun kelor.


Apakah aman mengkonsumsi teh daun kelor?

Riset menyatakan bahwa secara umum aman untuk mengkonsumsi teh daun kelor, di makan mentah, dan bijihnya yang masih muda. Namun mengkonsumsi kelor bisa berbahaya jika di ambil bagian akar atau kayunya, terlebih untuk Ibu hamil. Bahan kimia yang terdapat pada akar kelor bisa membuat kontraksi pada uterus dan menyebabkan keguguran.

Walaupun anda bisa mendapatkan kelor dalam bentuk bubuk, pil, minyak, ataupun teh, suplemen dan bubuk kelor belum di regulasi oleh FDA. Hal ini berarti tidak ada dosis standar yang harus anda gunakan untuk keuntungan tubuh.

Jika anda adalah seorang Ibu menyusui, maka hentikan konsumsi kelor dalam bentuk apapun. Hubungi dokter anda sebelum mengkonsumsi kelor dalam bentuk suplemen, bubuk, ataupun teh, apalagi ketika anda sedang mengalami rawat jalan.


Manfaat Teh Daun Kelor Bagi Tubuh

  1. Menambah stamina

Dengan dilengkapi vitamin, mineral, antioksidan, dan phytonutrisi, teh daun kelor merupakan sumber yang baik untuk energi, stamina dan konsentrasi. Pelajar atau mahasiswa bisa mengkonsumsi satu gelas teh daun kelor pagi sebelum ke sekolah untuk meningkatkan konsentrasi; atlet juga bisa memanfaatkan teh ini untuk meningkatkan stamina mereka. Terlebih, teh daun kelor akan membantu dalam pengurangan berat badan karena nutrisinya menyediakan energi dan vitalitas yang cukup untuk mengurangi nafsu makan sekaligus meningkatkan level energi.

  1. Mengontrol diabetes

Teh daun kelor sangat cocok untuk penderita diabetes. Mengkonsumsi teh daun kelor di percaya bisa menjaga gula dalam darah dalam batasan normal. Sehingga teh ini merupakan ramuan yang efektif untuk pasien diabetes.

  1. Anti-oksidan

Teh daun kelor kaya akan polifenol (epigallocatechin gallate/EGCG) yang merupakan anti-oksidan kuat untuk mencegah perkembangan sel kanker.

  1. Mengurangi kolesterol

Teh daun kelor efektif untuk mengurangi kadar LDL kolesterol dan mencegah pembentukan darah kental yang tidak wajar.

  1. Mengontrol tekanan darah

Keuntungan lain dari teh daun kelor adalah kemampuannya yang hebat dalam mengurangi tekanan darah sehingga tidur lebih nyenyak. Ini merupakan ramuan alami untuk insomnia dan mengandung senyawa yang dapat merawat gangguan tidur.

  1. Detoksifikasi

Daun kelor sering juga di gunakan untuk pemurnian air karena efek detoksifikasinya. Sebagai agen koagulan, kandungan kelor bisa menempelkan dirinya pada bakteri dan agen negative lain. Dengan sistem yang sama, teh daun kelor jika di konsumsi akan mengikat bakteri dan sumber penyakit lain yang ada di dalam tubuh.

  1. Mengatasi depresi

Teh daun kelor merupakan sumber efektif dalam mengatasi depresi dan stres. Anda bisa menjadikannya bagian dari diet setiap hari dan lihat hasilnya.

  1. Merupakan obat alami

Karena teh daun kelor adalah obat alami, maka mengkonsumsinya tidak akan memberikan efek samping. Manfaat teh daun kelor juga bisa di rasakan semua usia dan aman di konsumsi. Di Afrika, daun kelor merupakan bagian dari solusi untuk mengatasi bayi-bayi kekurangan gizi.

  1. Merawat infeksi ringan

Karena manfaat medisnya, teh daun kelor di gunakan juga untuk merawat infeksi ringan dari bakteri dan jamur. Mengurangi level gula darah, anemia dan membantu pengurangan berat badan.

  1. Meningkatkan sistem imun

Sebagai manfaat tambahan selain dari yang disebutkan di atas, teh daun kelor juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menutrisi otak dan mata, meningkatkan metabolisme tubuh, struktur sel, dan membantu kinerja dari hati dan ginjal.

  1. Membuat kulit menjadi glowing

Manfaat the daun kelor lainnya juga bisa untuk kecantikan. Bubuk teh daun kelor yang sudah terpakai bisa anda jadikan masker wajah. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang cerah dan glowing.

  1. Menghambat proses penuaan

Karena daun kelor adalah sumber anti-oksidan yang bagus, maka secara alami juga akan menghambat penuaan pada manusia. Selain itu daun kelor memiliki vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan bioflavonoid yang bagus untuk regenerasi sel. Oksigen radikal yang aktif menyebabkan penyakit kulit dengan mencuri elektron dari molekul biologis yang sehat. Nah, nutrisi dari daun kelor akan membantu menghambat oksidasi dari jaringan sehat oleh oksigen aktif. Sehingga penuaan akan terhambat dan mengurangi garis-garis dan keriput di wajah.

  1. Menyembuhkan luka

Bubuk teh daun kelor yang sudah terpakai bisa di gunakan untuk merawat luka di tubuh. Daun kelor bisa menyembuhkan luka dengan cepat dan membantu menghilangkan bekas luka.

  1. Membantu pembentukan keratin

Vitamin, mineral, dan asam amino tertentu yang ada pada daun kelor membantu siklus metabolism tubuh yang melibatkan pembentukan keratin di dalamnya. Protein keratin merupakan senyawa yang vital untuk rambut yang sehat. Daun kelor juga memiliki asam amino metionin yang menyediakan sulfur untuk rambut anda, sehingga rambut tidak mudah rontok.

  1. Membantu menyuburkan rambut

Ketersediaan oksigen dan nutrisi dari sistem sirkulasi darah dalam tubuh ke folikel kepala sangat vital untuk pertumbuhan rambut. Dengan kandungan vitamin A, daun kelor akan membantu menyuburkan rambut dan menjaganya agar tetap kuat. Vitamin tersebut juga bekerja sama dengan silica can zinc untuk mencegah kekeringan dan penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Kekurangan akan vitamin A akan menyebabkan penebalan kulit kepala, rambut kering, dan ketombe.

  1. Menstimulasi pertumbuhan rambut baru

Manfaat teh daun kelor lainnya adalah kandungan zinc di dalamnya yang mendukung pertumbuhan rambut baru. Zinc tersebut akan meningkatkan sistem imun sehingga rambut terlihat lebih tebal dari pada tidak mengkonsumsinya. Kekurangan zinc akan mengakibatkan stunting pada folikel rambut karena rusaknya sintesis DNA dan protein.

  1. Menutrisi folikel rambut

Teh daun kelor sangat kaya akan vitamin, seperti vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Kekurangan vitamin B, khususnya B6, biotin, inositol, dan asam folat akan menyebabkan rambut rontok. Di sisi lain, vitamin C dan E pada kelor akan membantu sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga menjadikan nutrisi tersedia untuk folikel rambut dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *